under development....
exchange link with us!!


membuat homepage/frontpage blogger (saya online lagi.....)

Alhamdulillah, setelah beberapa bulan vacum dan tidak bisa online karna kejadian yang membuat saya tidak punya uang sama sekali, ( sampai uang untuk makan dapat dari pinjaman teman), sekarang saya sudah bisa hadir lagi. Sebetulnanya cuma mo cek email saja dan surfing surfing supaya terbiasa lagi dengan dunia internet, hitung - hitung sebagai pemanasan setelah berbulan-bulan offline. tapi, akhirnya terfikirkan juga dengan blog ini, ya sudah, untuk pemanasan sekalian saya kasih sedikit tutorial(sedikit saja ya....masih malas ngetik ni......

Baiklah, seperti judul postingan kali ini, saya mau ngasih tutorial bagaimana membuat sebuah homepage atau frontpage blog kita. sebagaimana rekan- rekan sekalinan ketahui, secara otomatis frontpage/homepage(halaman awal yang terbuka ketika situs/blog di akses)dari blogger adalah postingan terbaru. setiap membuat postingan terbaru maka secara otomatis postingn tersebut akan berada di atas atau menjadi yang pertama kali muncul ketik blog di akses. Nah, tip yang akan saya berikan adalah bagaimana membuat sebuah frontpage tetap sehingga hanya frontpage ini yang muncul pertama kali sampai kapanpun walaupun anda membuat postingan-postingan baru(kecuali anda kembalikan ke setting awal kode-kodenya). bila anda masih kurang paham, silahkan kunjungi blog weddingplanningatau life insurancedisini dan disini!

kita mulai saja sekarang!!!.

langkah ke-1:memodifikasi postingan blog tujuan dari langkah ini adalah untuk menyembunyikan postingan/ supaya tidak muncul pertama kali. seperti biasa, anda berada di halaman edit html, lalu centang dulu kotak "expand widget contents". selanjutnya, scroll ke bawah ke bagian kode blog postnya atau cari saja kode di bawah ini, kode yang berwarna merah adalah kode yang harus anda tambahkan. <b:includable id='main' var='top'> <b:if cond='data:blog.pageType == "item"'> <!-- posts --> <div class='blog-posts'> <b:include data='top' name='status-message'/> <data:adStart/> <b:loop values='data:posts' var='post'> <b:if cond='data:post.dateHeader'> <h2 class='date-header'><data:post.dateHeader/></h2> </b:if> <b:include data='post' name='post'/> <b:if cond='data:blog.pageType == "item"'> <b:include data='post' name='comments'/> </b:if> </b:loop> <data:adEnd/> </div></b:if> nah, sekarang postingan blog anda tidak akan muncul ketika pertama kali blog anda di loading dan tergantikan dengan halaman awal/frontpage yang akan kita buat.. lanjut.......

langkah ke-2:MEMBUAT FRONT PAGE untuk membuat frontpagenya, kita akan menggunkan html widget yang berada di kolom blogpost di area element halaman. sebaiknya tambahkan dahulu jumlah widget yang bisa berada dalam halaman blog post saudara karna biasanya setting awal dari template blogger tidak memungkinkan untuk menambah widget/elemant halaman di area blog post.(emang biasanya dah dibuat begitu sama para pembuat template blogger, tapi tetap bisa kita utak-atik bukan???). nah untuk membuat widget di area blogpost, klik template ------>edit html, seperti biasa,lalu cari kode berkut ini: <div id='main-wrapper'> <b:section class='main' id='main' maxwidgets='3' showaddelement='no'> <b:widget id='Blog1' locked='true' title='Blog Posts' type='Blog'/> </b:section> </div> tambahkan kode maxwidgets='3' seperti diatas dan ganti kode showaddelement='no dengan yes. lalu, simpan perubahan template anda.

Selanjutnya, klik tabmenu pageelements untuk berpindah ke halaman page element. setelah anda berada di halaman page element, klik link "add page element" atau tambahkah element halaman (bila blog anda berbasa indonesia) pada kolom atau area blogpost, setelah pop up terbuka, pilih yang add htlm/javascript, lalu, tulis /pastekan kode html untuk frontpage anda, atau kalau cuma untuk percobaan, tulis saja "selamat datang di frontpage blog saya.........terimakasih mas Aan dengan cominfonya, saya berhasil..........".simpan perubahan dan hua...hua...hua..(tertawa) anda telah berhasil membuat halaman depann untuk blog anda.

eit......, tapi perjuangan belum selesai....kita masih harus membuat widget yang baru saja jadi tersebut untuk hanya benar-benar muncul sebagai halaman depan(malu dong kalau widget frontpagenya ternya muncul di atas postinga blog sampeyan). caranya.....pergi lagi ke halaman edit hmtl, lalu seperti biasa, centang kotak expands widget template.lalu scroll ke bawah dan cari kode widget yang baru kita buat seperti di bawah ini: <b:widget id='HTML1' locked='false' title='' type='HTML'> <b:includable id='main'> <b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'> <!-- only display title if it's non-empty --> <b:if cond='data:title != ""'> <h2 class='title'><data:title/></h2> </b:if> <div class='widget-content'> <data:content/> </div> <b:include name='quickedit'/></b:if> </b:includable> </b:widget> kode yang merah diatas adalah kode yang harus anda tambahkan.

yup sekarang blog anda telah mempunya sebuah halaman awal atau homepage atau frontpage. tapi jangan lupa, anda harus menambahkan link-link tersendiri ke postingan -postingan anda atau lebih gampangnya blog kita harus mempunyai menu navigasi. nah, kalau udah kayak gini, blog kita sudah kaya situs-situs web lainnya yang bukan blog. keren kan?tinggal anda belikan domain maka orang yang mengunjungi blog anda tidak akan sadar bahwa situs yang mereka kunjungi ternyata blogspot/blogger.kalau mau lihat hasilnya, kunjungi aja blog lifeinsurance dan weddinplaning saya.

oke, saya kira cukup dulu tutorial pemanasan kali ini, jangan lupa tinggalkan komentar kalau berhasil maupun gagal ataupun sekedar kirim pertanyaan, dan mohon maaf kalau tutorial kali ini agak susah untuk di cerna habis baru offline berbulan-bulan sehingga membuat saya agak-agak males.

sukses ya........ditunggu komentarnya. Aan

Tutorial Yg Masih Berhubungan



7 komentar:

Anonimmengatakan... Pada: 22 Januari 2009 pukul 07.42  

Wuees..keren banget..tapi ko malah postingan ga bisa di akses (ga kebuka)..bantuin dong...from me : amorcbr_77@yahoo.co.id

mas Aan mengatakan... Pada: 22 Januari 2009 pukul 18.10  

@Amon Cbr#
ntar dulu ya...minggu ini lagi sibuk banget nich. bulan depan baru bisa online lagi. oke.

Ganjar Wijaya mengatakan... Pada: 28 Januari 2009 pukul 14.59  

Ya gitu tuh kayak mas Amor... Mohon bantuannya

Ganjar Wijaya mengatakan... Pada: 28 Januari 2009 pukul 17.49  

Tambahan... kaya di lifeinsurance yang dicontohkan mas Aan... ketika di klik kategorinya (label cloud) postingannya hilang (ga ada), padahal disebutkan ada 3 post.

CDewi mengatakan... Pada: 29 Januari 2009 pukul 00.14  

Mas, kok postingannya ngak bisa muncul...

CDewi mengatakan... Pada: 29 Januari 2009 pukul 00.27  

Mas, kok postingannya ngak bisa muncul...

Jimmy Daniel Meston mengatakan... Pada: 31 Maret 2012 pukul 01.33  

mas sya gak bisa mene mukan script pd langkah no. 1 padahal sudah ctrl+F

Posting Komentar

ANDA KOMENTAR, SAYAPUN KOMENTAR DI BLOG SAUDARA